Nampaknya, umat manusia diseluruh penjuru dunia sedang tidak baik-baik saja. Wabah virus corona dengan cepat kilat memorak-porandakan elemen penting suatu negara, yakni kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Yang imbasnya secara langsung dirasakan oleh masyarakat.
Di bidang kesehatan, setiap harinya kita disuguhkan berita duka; kehilangan sanak saudara, gugurnya pada tenaga medis, dan meningkatnya korban yang positif COVID-19.
Sedangkan, di bidang pendidikan, anak-anak usia sekolah serta mahasiswa—seperti saya, terpaksa harus belajar dari rumah. Bahkan, UN untuk SD, SMP dan SMA resmi ditiadakan.
Dampak nyata dari adanya pandemi corona juga sangat terasa di bidang ekonomi. Jika hari-hari biasa babang ojol sibuk hilir mudik mengangkut penumpang, maka di masa-masa pandemik ini, mencari satu penumpang saja susahnya minta ampun. Hal ini disebabkan oleh adanya himbauan untuk social distancing yang berujung pada digalakkannya WFH (Work From Home) alias #DiRumahAja.
Selain babang ojol, merosotnya pendapatan juga dirasakan oleh para pemilik toko, kios, ruko, maupun lapak. Oleh karenanya, perlu dicari solusi jitu guna mengatasi hal ini, supaya JUALAN UNTUNG GA TANGGUNG-TANGGUNG. Sehingga cicilan motor dan KPR rumah bisa tetap dibayar tepat waktu. JIAKH..
Eits, tenaaaaaang…
Buat babang ojol yang berniat banting stir ke usaha lain (misalnya punya suatu hobi yang ingin ditekuni sehingga menghasilkan pundi-pundi).
Buat para pemilik toko yang mau tetap survive.
Buat saya sendiri, mahasiswi tingkat akhir yang ingin segera mandiri secara finansial. CIEH..
Kita ngga harus bertapa 40 hari 40 malam untuk menemukan solusinya.
Sebab, jawaban atas keresahan tersebut sangat mudah dan dekat dari jangkauan kita. Cukup modal ponsel pintar dan kuota internet, maka simsalabim, Blibli.com siap menjadi wadah online untuk berjualan.
Dijamin, dengan situasi dunia yang sekarang, konsumen akan memilih untuk belanja online daripada pergi ke luar rumah.
Dan, sudah terbukti, saya melihat sendiri bagaimana antusiasnya teman-teman saya dalam melakukan pembelian produk melalui toko online. Sesimpel membeli masker dan hand sanitizer.

Caranya Gimana, Nih?

Untuk dapat bergabung bersama Blibli.comsebagai seller adalah dengan membuka laman Merchant Tool Application. Disini, kita akan menjumpai 3 langkah mudah.
Langkah pertama, pengisian identitas diri seperti nama, email, password.
Langkah kedua.. pengisian identitas toko, seperti nama toko, kategori produk, alamat toko.
Langkah ketiga, pengisian mengenai peradministrasian, seperti nama bank yang hendak kita gunakan untuk bertransaksi dan nomor NPWP. Selesai. Mudah, bukan?
Mengelola Toko Online dengan Blibli Seller App
Jika konsumen menggunakan aplikasi Blibli-Online Mall untuk berbelanja online, maka Blibli.com juga menyediakan satu aplikasi khusus untuk para seller, yakni Blibli Seller App. Aplikasi ini dapat memberitahukan secara langsung mengenai aktifitas toko, cek pemesanan, rating toko, upload produk, sampai analisa penjualan. OYAA, segala pertanyaan konsumen dapat kita respon melalui fitur Product Discussion. Pokoknya paket lengkap, deh!
Seperti halnya aplikasi Blibli-Online Mall, Blibli Seller App juga dapat diunduh melalui play store maupun app store.
Keunggulan Blibli Seller App
Salah satu keunggulan Blibli Seller App ialah tersedianya Merchant Analytics yang bermanfaat untuk mengukur sejauh mana performa toko kita. Analisis ini berperan penting dalam evaluasi yang kita lakukan, sehingga kita dapat menentukan langkah tepat guna meningkatkan performa toko.
Cukup klik menu Dashboard, maka fitur Merchant Analytics dapat kita temukan. Merchant Analytics memuat laporan penjualan harian, mingguan, bahkan bulanan. Pokoknya pekerjaan kita dipermudah banget. Ngga akan ada yang namanya burnout (stress karena pekerjaan) nyangkut dipsikis kita.
Gimana, menarik banget kan?
Dan, ternyata, masih ada kejutan lain yang dimiliki oleh fitur Merchant Analytics, yaitu kita dapat mengetahui berapa jumlah kompetitor yang menjajakan produk sama seperti kita. Lebih dahsyatnya lagi, kita juga dapat mengetahui produk apa yang tengah laris dan ramai dibicarakan di pasaran, plus kata kunci apa yang paling sering dicari oleh konsumen.
Kenapa harus Blibli.com?
Sebagai pemula, tentunya kita diliputi perasaan takut dan bimbang dalam memilih e-commerce yang tepat. Namun, hapus semua keraguan itu karena Blibli akan menghujanimu dengan berbagai keuntungan dalam berjualan.
1.   Dipercaya Brand Ternama
Prestasi Blibli.com dalam dunia e-commercetidak perlu diragukan lagi. Bahkan, konsistensinya dalam menjaga kualitas serta kepuasan semua pihak membuahkan hasil. Terhitung sejak 2016 silam, brand ternama baik dari skala nasional maupun internasional sepakat untuk bekerja sama. Misalnya, dalam bidang otomotif, brand seperti BMW, Renault hingga Ducati sudah memasarkan produk-produknya di Blibli.com. WOW!
2. Asuransi Produk 100%
Berjualan di Blibli.com memanglah dinaungi limpahan berkah. Bahkan, keberkahan ini juga dirasakan oleh konsumen. Sebab, proses jual beli di Blibli.com terjamin keamanannya. Blibli.com sendiri melakukan kerja sama dengan partner logistik terpercaya. Semisal pun pahitnya terjadi kendala atau kesalahan, kita selaku penjual tidak akan menanggung kerugian. Selain itu, Blibli.com sangat terbuka, pihak konsumen dapat melakukan pengaduan 24/7.
3. Gratis Ongkos Kirim
Tersedianya fasilitas berupa gratis ongkos kirim sungguhlah melegakan. Sebab, selaku penjual, kita tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Disisi lain, konsumen pun semakin diuntungkan. Dan, layanan ini berlaku bagi seluruh Indonesia.
 4.  Gratis Packaging
Selain gratis ongkos kirim, Blibli.com juga meniadakan biaya pengemasan. Hal ini tentu saja menguntungkan kita selaku seller. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk masalah kemas-mengemas produk. Walaupun gratis, Blibli.com tetap memberikan pelayanan yang maksimal. Bahkan, makanan beku sekalipun memiliki standar pengemasannya tersendiri. AJIB POKOKNYA!
 5. Free Marketing Exposure
Fasilitas yang satu ini sudah terbukti khasiatnya. Mau bukti? Yaudah, yuk simak bareng-bareng penuturan dari Bapak Hanafi. Beliau bercerita, sejak bergabung bersama Blibli.com, trafficnya meningkat hingga 3.000%. UWOWWW~
Cerita lain hadir dari Pak Jo. Beliau merasakan manfaat yang aduhai indahnya sejak bergabung bersama Blibli.com, omzetnya naik 20 – 30% dan pendistribusian produknya tidak hanya di Jabodetabek lagi, melainkan sudah sampai ke Papua.
6. Pelayanan Merchant Care
Segala jenis permasalahan, pertanyaan, maupun keluhan kita dapat disampaikan ke pihak Blibli.com melalui layanan merchant care. Kita dapat memilih opsi telepon ke 021-57977777 atau melalui email ke merchant.care@blibli.com. Fasilitas ini berlaku pada hari Senin – Sabtu, 08.00 – 22.00 WIB.
Keuntungan Lain..
Keseriusan Blibli dalam mendukung para seller tidaklah main-main. Hal ini dibuktikan melalui program Blibli University yang dapat digunakan sebagai sarana belajar. Program ini dilengkapi dengan artikel dan video pembelajaran secara online.
Yuk, intip sebentar salah satu video pembelajarannya!
Selain itu, terdapat juga Komunitas Blibli Seller yang dapat digunakan untuk diskusi antar penjual, sehingga harapannya dapat saling bertukar informasi mengenai tips dan trik dalam berjualan.
Gimana? Apakah sudah merasa takjub, tercerahkan, dan ingin segera daftar?
Yuk, Cuss!
Big Choices, Big Deals!
Sumber tulisan :
Ide pribadi
Sumber gambar dan video:
Infografis :
Oleh Fauziah Putri Pradani, diolah dengan menggunakan Adobe Photoshop 
Disclaimer :
Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog Blibli Jualan Untung Ga Tanggung-Tanggung Edisi Maret 2020