Rasa-rasanya, menjaga kewarasan ditengah pandemi seperti sekarang ini jadi terasa sulit. Anjuran pemerintah untuk stay at home cukup banyak menguras emosi. Asli, dampaknya ke psikis kita tuh terasa banget. Mau sewell prepared apapun kita merancang kegiatan yang akan dilakukan setiap harinya, rasa jenuh tetap tak terelakkan.
Disatu sisi memang sudah seharusnya nurut sama pemerintah, karena dengan stay at home, harapannya kita dapat mencegah penyebaran covid-19. Namun sebagai manusia biasa, terkurung di rumah selama tiga bulan ini bikin stres juga.
Gimana ngga stres? Kegetiran rasanya mampir bertubi-tubi. Bertumpuk. Jadi satu. Khususnya bagi umat muslim. Bulan ramadhan yang biasanya disambut dengan penuh keceriaan, berubah menjadi sendu tak berkesudahan. Berbagai kegiatan yang identik dengan bulan ramadhan mendadak hilang. Bukber, ngabuburit, teraweh di mesjid, shalat ied, mudik. Nyesek, kan.
Tapi ya hanya mengutuk keadaan juga percuma. Usahaku untuk stay saneadalah memasak. Yups, masak. Self quarantine bikin aku rajin nongkrong di dapur. Moodku berangsur membaik seiring waktu. Dan memang benar, sudah pernah diteliti dalam ilmu psikologi. Ternyata ada keterkaitan antara kebahagiaan dan melakukan proyek kreatif, dalam hal ini memasak.
Penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Psikologi Positif menunjukkan, orang yang sering melakukan hal-hal kecil dan kreatif melaporkan bahwa mereka lebih merasa rileks dan lebih bahagia. Sebanyak 658 orang diikutsertakan dalam penelitian ini selama dua minggu. Hasilnya, orang-orang yang melakukan hal-hal kecil seperti memasak dan membuat kue merasa lebih antusias menjalani kehidupannya.
Nah kali ini, aku akan ngeshare beberapa resep cemilan yang praktis, ekonomis, dan lezat abis! Aku dapetin resep-resep ini dari Yummy App. Yummy App itu sendiri merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk memudahkan kita dalam memasak. Kan sering ya kita kebingungan mau masak apa. Nah, Yummy App hadir dengan segudang ide briliannya melalui Fitur Memasak. Semisal bahan yang kita miliki cuma tepung terigu dan tahu, Yummy App akan merekomendasikan beberapa resep makanan berdasarkan bahan-bahan tersebut.
Kira-kira cemilan apa aja sih yang bisa dihasilkan dari tepung terigu dan tahu? Yuk, cekidot.
1.       Otak-Otak Tahu
Ini dia cemilan yang beberapa hari terakhir nongkrong dikolom trending. Masakan anti ribet namun endolita yang cocok nemenin kamu nonton drama korea. Apalagi dalam balutan rintik hujan dan semilir angin yang berhembus melalui jendela. Patut dicoba~
2.       Tahu Cabe Garam
Teruntuk para pecinta cemilan pedas, aku rekomendasiin resep dari Mbak Astri Anjarwati yang aku temuin di Yummy App ya. Jujur, aku pribadi ketagihan banget. Cara membuatnya simpel, ngga butuh waktu lama, dan pastinya murah meriah.
Hanya dengan memotong dadu tahu, balur pakai tepung terigu/tepung bumbu instan, beri sejumput merica, goreng tahunya, tiriskan. Untuk bahan tumisannya, iris beberapa cabe; bawang putih; daun bawang, tumis sampai harum mewangi, masukin deh tahu yang telah digoreng tadi. TARAAAAA~ selesai..
3.       Tahu Walik
Olahan tahu walik asal Banyuwangi ini banyak penggemarnya, termasuk aku sendiri. Rasanya yang gurih, teksturnya yang kenyal namun tetap renyah sungguhlah nikmat. Apalagi jika dikonsumsi ketika masih hangat. Oiya, satu lagi.. supaya semakin nikmat, coba cocolin ke sambel sambil gigit cabe rawit ya! BEUH~
Cocok banget nemenin kamu dalam segala kondisi. Ketika baca buku, bisa. Nonton tv, oke. Scroll sosial media, hayu.
4.       Steak Tahu Crispy
Ingin merasakan sensasi baru namun tetap ekonomis? Steak tahu crispy bisa banget jadi pilihan, lho. Tahu yang notabene dikenal sebagai makanan tradisional, seketika disulap menjadi makanan mewah. Yuk, buka Yummy App dan cobain resep dari Mbak Welly Herlina ini.
5.       Sweet & Spicy Tahu Crispy
Pencarian mengenai olahan tahu di Yummy App masih berlanjut. Berbagai ide kreasi bermunculan. Salah satunya resep sweet & spicy tahu cripsy dari Mbak Iis Purwati. Tekstur tahu crispy yang chrunchy dibalut oleh saus pedas nan manis yang menggugah selera.
Gimana? Gampang semua kan resep masakannya? WOIYA dong jelas. Selaras dengan jargon yang diusung oleh Yummy App itu sendiri, yakni #MasakItuGampang. Hm, selain Fitur Memasak yang udah disinggung sebelumnya, kira-kira ada fitur lain ngga sih? Penasaran? Intip pembahasannya dibawah ini ya~
Yummy App menyediakan Fitur Komunitas yang dapat dimanfaatkan sebagai ladang guna menambah pundi-pundi uang. Asli. Kamu ngga salah baca. Setiap resep yang kita upload & berhasil terpublish, maka uang tunai akan masuk ke dompet kita. MANTAP BETUL~
Caranya gampang, cukup buka Yummy App, pilih menu “Komunitas” dibagian bawah, klik “Buat Resep”, lalu tulis resep kreasi milik kita. Selesai.
Fitur lain yang tak kalah kerennya adalah Fitur Filter Resep. Dalam fitur ini, terdapat tiga jenis filter yang tersedia. Filterberdasarkan harga, sangat memahami kondisi anak kost yang kepengen hemat namun tetap makan enak HUEHEHE. Lalu, ada filter berdasarkan durasi, berguna sekali dalam menyesuaikan waktu yang kita punya. Semisal lagi buru-buru, pilih menu yang ngga makan waktu banyak. Terkahir, ada filter berdasarkan porsi. Bisa diatur sesuai mau kita. Butuhnya untuk berapa orang, tinggal geser-geser aja kursornya.
Benefit dari Yummy App
1.       Skill Masak Terasah
Jadi sebelumnya aku kacau dalam urusan masak-memasak. Istilahnya gagap banget lah. Dan hawanya males gitu lho untuk turun ke dapur. Kini, sejak install Yummy App, aku justru semangat belajar masak. Kenapa? Karena resep-resep di Yummy App praktis, cukup melakukan 5 langkah, selesai. Selain itu, Yummy App menyediakan berbagai video masak yang dapat diakses secara gratis. Orang rumah sampai heran lihat aku sering berlama-lama di dapur. Hahahaha.
2.       Lebih Rileks Menjalani Self Quarantine
Melihat orang rumah berebut hasil masakanku, memintaku untuk membuatnya lagi dan lagi, itu cukup sih bikin aku bahagia seharian penuh. Berbagai resep yang aku contek dari Yummy App berhasil. Sesuai dengan seleraku dan keluarga. Moodku jadi baguuuuuus! Seneng 🙂
3.       Berani Menghadapi Tantangan
FYI, aku jadi sering cari resep yang belum pernah aku bikin sebelumnya. Nyaliku tertantang. Yummy App juga memfasilitasi orang-orang yang besar nyalinya. Jadi, Yummy App rutin ngadain event. Ada event mingguan, ada juga event khusus seperti menyambut lebaran. Tentunya sang jawara akan dapat reward. SERU.
4.       Peluang Bertambahnya Pundi-Pundi Uang
Seperti yang udah aku jelasin sebelumnya, kita bisa banget nambah penghasilan dengan mengupload resep kreasi kita sendiri. Jadi tunggu apalagi? Yuk, install Yummy App dan rasain sendiri manfaatnya. Selamat berkreasi 🙂
OIYA, Yummy App bisa kamu unduh di Play Store maupun App Store ya. Gratis.
Ceritain dong dikolom komentar kamu udah berhasil masak apa aja selama masa karantina ini?
See you in the next post, ya.
DADAH~