Sebagai seorang mahasiswi, memiliki laptop adalah sebuah keharusan. Bagaimana tidak? Saya membutuhkannya untuk menyelesaikan hal-hal yang berkaitan dengan kuliah. Ngerjain tugas harian lah, bikin materi presentasi, ngerjain laporan akhir semester, dan tentunya mengikuti kelas online atau dikenal dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

Berbicara mengenai PJJ, bukan hanya anak kuliahan S1 dong yang membutuhkan laptop. “Wooo ya jelas,” sahut pembaca. Mulai dari dedek-dedek gemes yang masih PAUD sampai kakak-kakak gemes juga yang tengah melaksanakan program S3. “Eits, ada yang kelewat bos” protes pembaca. Waduh, iya. Sambil nyengir. Saya luput menuliskan bahwa guru/dosen selaku pengajar juga sama-sama membutuhkan laptop.

Ibarat petani yang membutuhkan cangkul tajam nan kuat, kami para pejuang PJJ sangat butuh laptop yang memudahkan produktivitas sehari-hari.

Pastinya bukan sembarang laptop, kami membutuhkan laptop yang mumpuni dalam berbagai sisi. Baik sisi kualitas, tampilan body, maupun harganya. Betul tidak?

Nah, kira-kira brand apa yang langsung terlintas dibenak Anda? Kalau saya sih, ASUS. Bahkan, orang-orang disekeliling saya pun pencinta ASUS garis keras. Sebagian besar teman angkatan di kampus memakai hp dan laptop merk ASUS.

Menurut survei yang dilakukan oleh GfK, sebuah lembaga riset terkemuka, diketahui bahwa hingga akhir 2019 lalu, ASUS berhasil menguasai pangsa pasar laptop consumer di Indonesia dengan presentase sebesar 40,4%. Daebak~

The good news is.. dipenghujung tahun 2020 ASUS meluncurkan laptop terbarunya dengan tema “Easy Portability, Effortless Productivity”. YIHAAA, seri apa hayo? Ada yang sudah tau? Yeap, betul. ASUS VivoBook 14 A416.

Dalam hal ini, kualitas adalah poin pentingnya. Oleh sebab itu, saya akan mengupas prosesornya terlebih dahulu, sebelum mengulas ASUS VivoBook 14 A416 secara keseluruhan. Setuju?

Intel Core i5-1035G1 Generasi 10: Prosesor Kece untuk Produktivitas yang Oke

Intel Core i5-1035G1 merupakan salah satu jenis prosesor dari klan Ice Lake. Perbedaan paling mencolok antara i5-1035G1 generasi ke-10 dengan pendahulunya ialah pada proses manufakturnya, 10 nanometer. Sedangkan generasi sebelumnya masih menggunakan proses manufaktur 14 nanometer. Memang pengaruhnya apa, sih? Mungkin Anda bertanya-tanya. Singkatnya, semikonduktor yang lebih kecil menghasilkan performa yang lebih baik serta konsumsi daya yang lebih irit.

Pingin tau beberapa keunggulan i5-1035G1 generasi ke-10 lainnya? Simak uraiannya dibawah ini, ya.

Great Performance

Dibekali dengan kecepatan RAM sebesar 3733MHz, sehingga kinerja sistemya berjalan lebih cepat. Selain itu, i5-1035G1 generasi ke-10 memiliki kecepatan waktu turbo 3.6Hz. Artinya, tatkala CPU berada dibawah ambang batasnya, ia dapat meningkatkan performanya dengan memacu clock speed ke tingkat yang lebih tinggi.

Optimal Features

Memiliki AVX, NX, MMX, AES, Multithreading, dan penyekalaan frekuensi dinamis yang berguna untuk mempercepat enkripsi dan dekripsi data, perhitungan multimedia, mengatur kontras & volume, efisiansi tenaga, serta melindungi laptop dari serangan jahat.

Luckily, keistimewaan prosesor Intel Core i5-1035G1 generasi ke-10 dapat kita temukan pada ASUS VivoBook 14 A416.

ASUS VivoBook 14 A416: Laptop Ideal, Spesifikasi Maksimal, Kinerja Optimal

Berdasarkan tinjauan yang saya lakukan, ASUS VivoBook14 A416 mengantongi banyak spesifikasi mumpuni yang layak diapresiasi. YEYEYE, give a big applause! Berikut rinciannya..

Affordable Prices for Everyone

Setelah menyimak ketangguhan spesifikasinya, Anda pasti penasaran mengenai harga laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini. Iya, kan?

Jimmy Lin, selaku ASUS Regional Director Southeast Asia menegaskan bahwa ASUS VivoBook 14 A416 dirancang  sebagai salah satu bentuk komitmen pihaknya dalam memfasilitasi semua kalangan dengan laptop yang berkualitas tinggi, sehingga selalu dapat diandalkan oleh manusia pelosok bumi manapun, kapanpun, dan siapapun itu. 

Berdasarkan misi mulia tersebut, dapat dimaknai bahwa laptop ini dijual dengan harga yang affordable. FYI, ASUS VivoBook 14 A416 hadir dengan berbagai pilihan harga, sesuai kebutuhan dan selera Anda. Sila intip perbedaannya dibawah ini, ya.

The Reason Why We Should Choose ASUS VivoBook 14 A416

Saya termasuk spesies homo sapiens yang meyakini bahwa segala sesuatu pasti ada alasannya. Bahkan, seekor lalat pun Tuhan ciptakan sebagai alat perumpamaan bagi manusia. Uhuk, ceramah Bu. Begitu halnya ketika memilih instrumen guna memudahkan produktivitas sehari-hari.

IMHO, saya sangat merekomendasikan laptop ini bagi Anda, apapun profesi yang tengah Anda geluti. Kenapa? Tengok pemaparannya dibawah ini, ya. Cus~

  1. Super Tough Hardware

Kenapa perkara hardware ini saya taruh paling atas? Karena kalau diibaratkan manusia, hardware adalah otaknya. Bagi saya pribadi, cowok pinter lebih menarik daripada cowok ganteng. Hahahaha.

Jeroan laptop ASUS VivoBook 14 A416 patut diperhitungkan. Sejalan dengan yang sudah saya singgung sebelumnya, laptop ini dipersenjatai dengan prosesor i5-1035G1 generasi ke-10 yang oke punya. Asiknya, RAM seri ini dapat Anda upgrade hingga 16GB.

“Storagenya gimana, nih? Seberapa besar?”

ASUS VivoBook 14 A416 menawarkan pilihan desain penyimpanan ganda dengan SSD PCle yang bisa kita upgrade hingga 256GB serta HDD hingga 1TB. Cool! Benefitnya apa? SSD bekerja secara elektrik untuk menyimpan dan mengambil data informasi secara lebih cepat, sedangkan HDD berguna sebagai wadah untuk file berukuran besar, misalnya album foto, film, dan koleksi lagu-lagu favorit Anda.  

Disamping itu, ASUS VivoBook disertai juga dengan kartu grafis NVIDIA GeForce MX330.

“Memangnya keunggulan kartu grafis NVIDIA GeForce MX330 apa?”

Dibandingan dengan pendahulunya, NVDIA GeForce MX330 dilengkapi dengan base/clock speed 1,531Mhz384/1,594Mhz, 24 tekstur unit, serta 384 CUDA Core. Peningkatan pada sektor-sektor tersebut berguna bagi Anda yang memerlukan kinerja grafis ekstra, seperti game kasual, aplikasi edit foto, dan aplikasi edit video. Mantap!

2. High Endurance

Perusahaan yang berbasis di Taiwan ini menurut saya sangat memerhatikan kepuasan konsumen. ASUS menyadari betul bahwa kita menginginkan produk yang tahan lama. Berangkat dari hal tersebut, produk-produknya mereka uji dengan menggunakan standar militer MIL-STD 810G.

Tes ini menguji tingkat keandalan dan daya tahan produk saat dalam kondisi ekstrim, seperti temperatur yang terlalu panas atau terlalu dingin, kelembaban, maupun ketinggian yang tak lazim.  Hasilnya, produk ASUS dapat melewati tes militer MIL-STD810Gdengan baik.

Tidak cukup sampai disitu, ASUS berhasil melewati tes penyiksaan lainnya, seperti dijatuhkan dari ketinggian tertentu ataupun ditekan dengan benda yang berat. Tapi jangan mentang-mentang sudah lolos uji, kemudian Anda membantingnya dengan sengaja. Nehi, nehi.

3. Classy Design

Look sebuah produk dapat memberikan nilai tambah tersendiri. Begitu halnya dengan laptop, tidak jarang tampilan luarnya menjadi salah satu tolak ukur seseorang dalam memilih laptop kesayangannya.

Khusus pada seri VivoBook 14 A416, pihak ASUS menyediakan dua opsi warna, yaitu Slate Grey dan Transparent Silver. Hemat saya, warna slate grey mendeskripsikan karakter macho, sedangkan warna transparent silver melambangkan sesuatu yang elegan. Saya pribadi terbius oleh pilihan yang kedua. Aduh, warnanya berkelas banget. Jadi mupeng. Kalau Anda, dibuat mabuk kepayang oleh yang mana?

Selain tampilan warnanya yang kece abis, saya jatuh hati pada keyboard full-sizenya yang ergonomis, desain key travel sebesar 1,44 mm memberikan rasa nyaman walau harus ngetik berjam-jam lamanya. Kabar baiknya, keyboard ASUS mampu mengakomodasi produtivitas harian kita  bahkan dalam kondisi minim cahaya atau gelap sekalipun.

“Wuidih, memang keyboardnya dibekali teknologi apa?”

Sederhananya, teknologi ini dikenal dengan backlit, sebuah lampu latar yang terdapat pada laptop. Selain berfungsi sebagai pendukung produktivitas yang totalitas, ia menampilkan kesan estetika laptop yang mewah.

Furthermore, masih ada fitur luar biasa lainnya yang tak kalah keren. Hayo tebak? Jadi, touchpad laptop VivoBook 14 A416 ini sudah didukung dengan teknologi ASUS NumberPad yang dapat bertransformasi menjadi tuts angka seperti halnya pada keyboard fisik. Awesome, right?

Pada seri terbarunya ini, ASUS berhasil memangkas bobot laptop yang semula beratnya bisa mencapai 2 kilogram. ASUS menyiasati hal tersebut dengan menggunakan bahan baku berupa plastic polycarbonate, baik pada cover, engsel, ataupun komponen bawahnya. So, bobot keseluruhannya hanya 1,6 kilogram serta ketebalannya sekitar 19.9mm. Tidak sekadar itu, chargernya pun didesain seringkas mungkin, sehingga sangat mudah disimpan pada beragam kompartemen tas. Sungguhlah praktis untuk Anda bawa kemana-mana.

“Hei, aman ngga tuh, masa terbuat dari plastik?”

Don’t panic, keseluruhan konstruksi anatominya bodinya tetap terjamin kuat nan kokoh, sebab fragmen-fragmen tertentu laksana rangka layar dan chasis utamanya terbuat dari bahan logam.

Satu lagi, fitur mutakhir yang disematkan pada laptop ini adalah engsel Ergolift. Engsel tersebut berperan untuk memberi kenyamanan dalam mengetik—mencengkeram layar pada berbagai sudutnya, sehingga keyboard sedikit miring hingga 4 derajat. Pun berfungsi untuk menambah kinerja audio secara lebih maksimal dan meningkatkan sistem pendingin dengan membuka ruang ventilasi tambahan.

4. Excellent Security

Dulu, teknologi fingerprint hanya bisa kita temukan pada produk-produk highend. Namun sejak 2018 silam, ASUS sudah meluncurkan produk notebook yang disempurnakan dengan fitur premium tersebut.

Teknologi pemindai sidik jari yang berada di area touchpad itu memiliki peranan penting dalam menjaga keamanan. Ibarat rumah, fingerprint adalah pagarnya.

Satu lagi, pemindai sidik jari ini telah terintegrasi dengan si autentifikasi biometrik terbaik, siapa lagi kalau bukan Windows Hello. Kolaborasi dua fitur canggih tersebut memudahkan Anda untuk login pada laptop—menggunakan sidik jari atau pengenalan wajah. Anda tidak perlu repot-repot mengetik kata sandi.

Keuntungan lainnya, Windows Hello menyokong laptop menjadi instrumen yang lebih personal. Kenapa? Karena tamu tak diundang ngga bisa masuk. Orang jahil pun ngga punya celah. Bener-bener cuma Anda yang dapat golden ticket untuk mengaksesnya. Hebat, bukan?

5. Fast Charging

Pernah mengalami kondisi dilematis ini ngga? Sudah dikejar deadline tapi baterai laptop habis. Mau digunakan sembari diisi dayanya kok ya sayang, nanti cepat rusak. Duh, rumit.

Ungtungnya, ASUS bisa membaca kerisauan saya itu lewat telepati. Cukup dengan menunggu selama 49 menit, baterainya sudah terisi hingga 60%. Kehebatan ASUS VivoBook 14 A416 semakin paripurna berkat baterai berkapasitas 2-cell 37WHrs. Ketika diuji dengan benchmark PCMark 10 Modern Office, baterai ini mampu bertahan selama hampir 8 jam.

ASUS VivoBook 14 A416 menggunakan baterai Lithium Polymer. Karakteristik baterai ini materialnya fleksibel, jauh lebih aman karena tidak mudah terbakar, tipis, ringan, serta memiliki life cycle yang jauh lebih panjang—mencapai 1.000 kali proses isi ulang.

6. Optimal Connectivity

VivoBook 14 A416 dilengkapi dengan port power, port USB 3.2 Gen1, port USB 3.2 Gen1 Type C, serta port HDMI pada sisi kirinya. Sementara pada sisi kanan terdapat microSD card reader, dua buah port USB Type A, dua buah indikator LED,  port Kenshington Lock, dan port combo audio 3,5mm.

Port USB 3.2 Gen1 Type C dirancang sangat fleksibel, sehingga leluasa diputar balik. Keunggulan port USB ini mampu mentransfer data Anda sepuluh kali lebih cepat dari  generasi pendahulunya.

Melimpahnya sarana konektor pada laptop ini benar-benar mendukung Anda untuk senantiasa produktif. Mulai dari menghubungkan printer, speaker, HDTV, konsol game, maupun mentransfer gambar dari kamera Anda.

Disisi konektivitas nirkabel, ASUS VivoBook 14 A416 mengikuti perkembangan zaman dengan menyematkan WiFi 5 (802.11ac) dan Bluetooth 4.1.

Selain kecepatan 802.11ac yang mampu mencapai 1,3Gbps, keunggulan lainnya ialah berkontribusi pada pengiriman data secara lebih banyak. Why? Karena menggunakan channel lebih lebar (80MHz)—dua kali lipat dari generasi sebelumnya. WiFi 5 (802.11ac) juga sudah memakai teknologi beanforming yang membuat sinyal lebih efektif nan terarah. Last but not least, 802.11ac menggunakan antena sebanyak 8 buah dengan tujuan untuk meningkatkan kecepatan hingga mencapai 7Gbps.

Nah, untuk Bluetoothnya sendiri, versi 4.1 ini tingkat performa dalam koeksistensi dengan LTE maupun transfer datanya sama-sama lebih baik dari generasi sebelumnya. Top markotop, euy!

7. Eye Care Technology

Anda sering mengalami gejala mata pegal, mata perih, atau mata sakit setelah menatap layar laptop? Hati-hati, bisa jadi Anda mengalami Computer Vision Syndrome. Jika tidak segera bertindak, kemungkinan paling parahnya kita bisa saja menderita kerusakan mata. Oleh sebab itu, yuk hijrah ke brand yang peduli terhadap kesehatan mata kita.

ASUS mempunyai sebuah teknologi Splendid Panels yang bertugas untuk mengatur warna paling akurat bagi Anda. Hal ini ditunjang dengan tiga mode pilihan—selain Normal Mode. Yaitu, Eye Care Mode, cocok digunakan ketika Anda lembur di depan laptop. Mode ini mampu menurunkan emisi cahaya biru hingga 30%. Selanjutnya, Vivid Mode. Mode ini didesain supaya dapat memperhitungan saturasi optimal untuk tiap-tiap pixelnya, sehingga menciptakan gambar yang lebih hidup dan bersemangat. Terakhir, Manual Mode. Namanya juga manual ya Bun, Anda dapat mengubah temperatur warna sesuai selera, dari kisaran -50 hingga +50  dengan memanfaatkan kontrol slider sederhana.

8. NanoEdge Bezel Technology

Layar NanoEdge Bezel menawarkan sudut pandang yang lebih luas hingga 178 derajat. Teknologi ini didesain untuk memberi Anda kenyamanan optimal dalam menatap layar monitor. Oh iya, bezel tipisnya tidak mengganggu posisi webcam, lho.

Disamping itu, layar 14” (16:9) berteknologi LED-backlit FHD (1920×1080) menyajikan warna yang  memukau, jernih, dan detail. Memanjakan mata banget, deh.

Layar In-Plane Switching (IPS) pada laptop ini dibenamkan untuk memberikan pabrikasi warna yang lebih baik serta memproyeksikan warna hingga mendekati objek nyata.

Kita juga tidak perlu dikit-dikit mengubah posisi layar atau memicingkan mata karena silau, sebab layar VivoBook 14 A416 telah dibekali dengan Anti Glare.

“Apa itu Anti Glare?”

Sederhananya, Anti Glare memiliki peranan dalam membiaskan cahaya yang dihasilkan oleh laptop itu sendiri maupun cahaya yang menerpa layar, so as mengurangi kelelahan mata penggunanya. Moreover, membuat tampilan layar tetap cerah dan jelas. mengerjakan bermacam-macam aktivitas seperti streaming, webinar, workshop, PJJ, ngedit video, nge-desain, ataupun nge-game.

9. Audio Premium

Audio ASUS VivoBook 14 A416 terdengar hangat, sejernih kristal, dalam, dan mengagumkan dikarenakan memakai teknologi eksklusif SonicMaster. Bermitra dengan Bang & Olufsen ICEpower yang tersohor di dunia.

Kegagahan SonicMaster tersusun dari struktur speaker yang berkelas, proses mengeluarkan suara yang paling jitu, serta resonansi yang besar guna memberikan dampak audio seperti tengah berada di tempat konser.

Sensasi Anda dalam mendengarkan musik, menonton film, bermain game, dan mengikuti kelas online tidak akan sama lagi. Pastinya akan semakin menggelora dan semangat 45 berkat audio premium SonicMaster ini.

10. Windows Original

ASUS VivoBook sudah menyediakan sistem operasi bawaan berupa Windows 10 Home Original, sehingga kita tidak perlu mengeluarkan uang tambahan. Alhamdulillah, dompet aman. Dalam segi keamanan, servis khusus yang akan kita dapatkan salah satunya adalah perlindungan antimalware dari Microsoft security essentials. Hal tersebut dapat menjaga laptop dari ancaman bahaya seperti virus atau spyware.

Selanjutnya, Anda akan mendapatkan penawaran akses update software terbaru. Certainly, penawaran ini tidak akan pernah dirasakan oleh para pengguna Windows 10 bajakan. Hihihiiii, kasihan~

Windows 10 Home menyodorkan fitur-fitur menggiurkan seperti Microsoft Edge, My People, Cortana—asisten pribadi digital, serta Windows Mixed Reality.

11. Enhanced Protection

Perlindungan produknya berlapis-lapis, Bun. Asli. Terdapat tiga organ laptop yang ditingkatkan penjagaannya:

  • Karena mengetahui kelemahan HDD yang lebih rentan terkena kerusakan fisik dibanding SSD, maka ASUS VivoBook 14 A416 dibekali fitur peredam guncangan—HDD E-A-R. Kini Anda tidak perlu khawatir ketika diharuskan membuka laptop dalam kendaraan yang bergerak, sebab penjagaannya aktif secara otomatis mendeteksi getaran dan guncangan pada ketiga sumbunya.
  • Reinforced chassis. Komponen bawah keyboardnya dilapisi dengan penahan yang terbuat dari logam. Fungsinya untuk memberikan kestabilan saat Anda mengetik ataupun memakai touchpad.
  • Reinforced lid. Pinggiran tutupnya diperkokoh untuk memberikan sokongan kontruksi  pada engsel, layar, serta cover. Berguna juga sebagai pelindung benturan pada sisi mobil.

Sudah menginjak poin sepuluh, tapi kita tetap masih tercengang oleh pelayanan optimal yang ASUS berikan.

12. MyASUS

MyASUS merupakan perangkat lunak yang wajib dimanfaatkan oleh pengguna laptop ASUS. Kenapa? Karena banyak fitur kece yang memudahkan urusan kita. Misalnya apabila Anda mengalami sebuah kendala, cukup kunjungi MyASUS, klik Diagnostik Sistem, lalu pilih topik permasalahan yang tengah dialami, klik pemeriksaan. Mudah, bukan?

Meningkatkan Produktivitas Bersama ASUS VivoBook 14 A416

Laptop ASUS VivoBook14 A416 tidak hanya ditujukan bagi Anda yang sedang melangsungkan kegiatan PJJ. Lebih dari itu, laptop ini dirancang bagi semua kalangan—siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Kapasitas yang didesain pada VivoBook 14 A416 mampu menunjang produktivitas dan mobilitas Anda yang tinggi.

Resources yang tersedia dapat menopang kebutuhan Anda dalam bekerja ataupun bermain, seperti menonton film dengan resolusi yang tinggi, mengolah desain grafis, hingga bermain game.

Hayo, siapa yang masih kebingungan mau melabuhkan hati ke brand mana? Eksplanasi saya perihal alasan-alasan serta detail fitur VivoBook 14 A416 dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan. Selain bukti-bukti valid di atas, brand yang memiliki motto “In Search of Incredible” ini telah mengantongi berbagai penghargaan bergengsi lho sepanjang 30 tahun berdirinya. Beberapa diantaranya, Fortune’s World’s Most Admired Company, CES 2020 Innovation Awards, dan IF Design Award 2020 kategori Computer, Telecommunications, Professional Concept, dan VR/Gaming Hardware. Bahkan sepanjang tahun 2019, ASUS menyabet 4.390 penghargaan.  LUAR BIASA!

Yuk, tingkatkan produktivitas dengan berkarya tanpa batas bersama ASUS VivoBook 14 A416.  Ready?

By the way, sebelum pamit, sila luangkan waktu sejenak untuk menonton cuplikan berikut.. Seru lho proses syutingnya hahahaha

Monggo, info lebih lanjut terkait ASUS VivoBook 14 A416 dapat Anda temukan pada laman resminya. Anda juga dapat mengikuti beberapa sosial media ASUS berikut supaya tidak ketinggalan informasi teranyar.

Instagram @asusid, Twitter @ASUS_Indonesia, Facebook ASUS

See you on the next post, bubye!

Easy Portability, Effortless Productivity

***

Referensi

https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-Laptop-14-X415JP/

https://channel.asus.com/ExternalFile.aspx?path=aba3122a603e4cd6a06f2086de0cfd6a

https://versus.com/id/intel-core-i5-1035g1

https://versus.com/id/nvidia-geforce-mx330